Perang Dunia [1 dan 2] - Negara-negara Yang Terlibat

Perang Dunia [1 dan 2] - Negara-negara Yang Terlibat

Perang dunia adalah suatu perang yang berskala besar yang melibatkan negara-negara besar dunia dengan jangkauan antar benua hingga persekutuan militer. Perang dunia akan sangat berpengaruh buruk pada stabilitas dunia, selain itu akan banyak menimbulkan banyak korban baik militer maupun sipil. Sepanjang sejarah, telah terjadi 2 kali Perang Dunia yaitu Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Perang Dunia I
Perang Dunia I (pertama) adalah sebuah perang berskala global yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918. Perang yang terpusat di kawasan Eropa ini merupan pertempuran 2 blok kekuatan dunia pada saat itu.
  • Sekutu antara lain Britania Raya, Perancis, Rusia, Amerika Serikat, Rumania, Kekaisaran Jepang, Serbia, Belgia, Yunani dan lainnya).
  • Blok Sentral (Kekaisaran Jerman, Austria-Hongaria, Kesultanan Utsmaniyah, Bulgaria dan lainnya).
Adalah kebijakan luar negeri imperialis untuk memegang kendali atau menguasai daerah negara lain dibelahan dunia dari kekuatan besar Eropa yang memimbulkan peperangan ini. Pembunuhan terhadap Adipati Agung Franz Ferdinand Austria yang merupakan pewaris tahta Austria-Hongaria pada tanggal 28 Juni 1914 oleh seorang nasionalis Yugoslavia di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina berujung pada ultimatum Habsburg terhadap Kerajaan Serbia.

Perang Dunia I diawali dengan invasi Austria-Hongaria ke Serbia pada tanggal 28 Juli, diikuti invasi Jerman ke Belgia, Luksemburg, dan Perancis, kemudia Rusia menyerang Jerman. Di wilayah Timur pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Utsmaniyah, namun dipaksa mundur dari Polandia dan Prusia Timur oleh pasukan Jerman. Front lainnya dibuka setelah Kesultanan Utsmaniyah ikut serta dalam perang tahun 1914, Italia dan Bulgaria tahun 1915, dan Rumania tahun 1916.

Setelah Kekaisaran Rusia runtuh bulan Maret 1917, Rusia menarik diri dari perang setelah Revolusi Oktober di akhir tahun itu. Dan di tahun 1918 selain serangkaian perlawanan sekutu, Jerman pun mengalami masalah revolusi yang pada akhirnya menyetujui melakukan gencatan senjata di tanggal 11 November 1918. Perang ini pun berakhir dengan kemenangan di pihak Sekutu.

Perang Dunia I / PD satu /PD I
LokasiEropa, Afrika, Timur Tengah, Kepulauan Pasifik, Cina, dan lepas pantai Amerika Selatan dan Utara
Militer Gugur5.525.000 (sekutu)
4.386.000 (blok sentral)
Militer Hilang4.121.000 (sekutu)
3.629.000 (blok sentral)
Pasca PerangBerakhirnya kekaisaran Jerman, Rusia, Utsmaniyah, dan Austria-Hongaria,
Terbentuknya negara-negara baru di Eropa dan Timur Tengah,
Penyerahan koloni Jerman dan wilayah bekas Kesultanan Utsmaniyah ke negara-negara lain,
Pendirian Liga Bangsa-Bangsa.
Foto Perang Dunia 1
Gavrilo Princip, seorang pelajar Serbia Bosnia, ditahan sesaat setelah membunuh Adipati Agung Franz Ferdinand dari Austria. @Wikipedia
Foto Perang Dunia 1
Tentara Jerman di gerbong kereta menuju garis depan pada tahun 1914. Pesan di gerbong bertuliskan (Perjalanan ke Paris). @Wikipedia
Foto Perang Dunia 1
Suasana perjanjian damai pada 9 Februari 1918. @Wikipedia

Perang Dunia II
Perang Dunia II (kedua), adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan negara-negara berkekuatan besar dan banyak negara lainnya. Perang Dunia II diawali dengan beberapa peperangan yang terjadi di berbagai belahan dunia yang pada akhirnya menyatu membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan.
  • Sekutu: Uni Soviet, Amerika Serikat, Imperium Britania, Tiongkok, Perancis, Polandia, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Yugoslavia, Yunani, Norwegia, Belanda, Belgia, Cekoslowakia, Brasil, dan lainnya.
  • Poros: Jerman, Kekaisaran Jepang, Italia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Finlandia, Thailand, Irak, Spanyol, dan lainnya.
Sebelum terjadinya Perang Dunia II telah terjadi beberapa peperangan dan konflik seperti Invasi Italia ke Ethiopia pada tahun 1935, Perang Saudara Spanyol pada tahun 1936 hingga 1939, Invasi Jepang ke Tiongkok tahun 1937, Invasi Jepang ke Uni Soviet dan Mongolia di tahun 1938, serta mengerasnya sikap Jerman yang pada saat itu dipimpin oleh Adolf Hitler di Eropa.

Awal terjadinya perang umumnya disetujui pada tanggal 1 September 1939 dengan invasi Jerman dan Slowakia ke wilayah Polandia, dan 2 hari kemudian Britania dan Perancis dan negara-negara persemakmuran menyatakan perang terhadap Jerman. Namun seorang sejarawan Britania raya Antony Beevor memandang awal Perang Dunia Kedua terjadi ketika Jepang menyerbu Manchuria pada bulan Agustus 1939.

Di tahun 1940 Nazi Jerman menginvasi Denmark dan Norwegia, Jerman pun menyerang Perancis, Belgia, Belanda, dan Luksemburg pada tanggal 10 Mei 1940. Di bulan itu pun Britania menyerbu Islandia untuk mencegah kemungkinan invasi Jerman. Kemudian Uni Soviet memaksa aneksasi Estonia, Latvia, dan Lituania di bulan Juni tahun itu. Pada bulan November 1940 Hongaria, Slowakia, dan Rumania bergabung dengan blok poros. Desember 1940, pasukan Persemakmuran Britania Raya memulai serangan balasan terhadap pasukan Italia di Mesir dan Afrika Timur, serta diusirnya pasukan Italia di Libya oleh Persemakmuran pada awal 1941.

Setelah banyaknya rangkaian peristiwan diberbagai belahan dunia Eropa, Asia, Afrika, Amerika hingga kawasan Pasifik dalam kurun waktu bertahun, Perang yang melibatkan lebih dari 100 juta militer ini di akhiri dengan kemenangan sekutu. Pasukan Jerman menyerah di Italia pada tanggal 29 April dan instrumen Penyerahan Diri Jerman ditandatangani pada tanggal 7 Mei di Reims dan diratifikasi di Berlin pada tanggal 8. Dan Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945 setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, penandatanganan dokumen penyerahan diri dilakukan pada tanggal 2 September 1945 di atas geladak kapal perang Amerika Serikat USS Missouri.

Perang Dunia II / PD Dua /PD II
LokasiEropa, Asia Tenggara, Tiongkok, Pasifik, Atlantik, Timur Tengah, Mediterania, Afrika, Amerika Utara dan Selatan.
Total korban61.000.000 (sekutu)
12.000.000 (blok sentral)
Pasca PerangPembubaran Reich Ketiga & kehancuran Nazi,
Pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa,
Negara pemenang mendapat hak Veto PBB
(Amerika Serikat, Britania/Inggris, Perancis, Cina/Tiongkok, Uni Soviet/Rusia).
Foto Perang Dunia 2
Benito Mussolini (kiri) dan Adolf Hitler (kanan) merupakan tokoh Perang Dunia II. @Wikipedia

Foto Perang Dunia 2
Suasana Kota Berlin pasca pengeboman di Perang Dunia II. @Wikipedia

Foto Perang Dunia 2
Ledakan atom di Nagasaki pada 9 Agustus 1945. @Wikipedia
Dokumen Video Perang Dunia II

(Setelah Perang Dunia I dan PD II) Aku tidak tahu senjata apa yang akan digunakan dalam Perang Dunia III, tetapi Perang Dunia IV akan menggunakan tongkat dan batu (Albert Einstein).