Botswana (Republik Botswana) || Ibu kota: Gaborone

Botswana atau Republik Botswana adalah sebuah negara di benua Afrika bagian selatan bekas protektorat Britania Raya yang bernama Bechuanaland. Produk utama ekonomi negara yang tidak memiliki lautan ini adalah peternakan hewan dan pertambangan.

Botswana (Republik Botswana) || Ibu kota: Gaborone
Bendera Negara Botswana

Profil Negara Botswana
Profil Negara Botswana
Lambang Negara Botswana

Nama resmiRepublik Botswana, Republic of Botswana (Inggris), Lefatshe la Botswana (Tswana)
Ibu KotaGaborone
Bahasa resmiInggris
Bentuk PemerintahanKesatuan Republik parlementer
PresidenMokgweetsi Masisi
Wakil PresidenSlumber Tsogwane
Mata uangPula (P) (BWP)
Internet.bw
Kode telepon+267

Pembentukan
Kemerdekaan dari Britania Raya30 September 1966

Latar belang
Botswana memiliki populasi sekitar 2,250,260 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 581,730 km2. Negara yang bersebrangan dengan negara Zambia di Sungai Zambesi ini dibatasi oleh negara Zimbabwe, Afrika Selatan, dan Namibia. Negara yang terkenal dengan delta Okavango dan gurun Kalahari nya ini termasuk sebuah negara yang disebut negara pedalaman karena negara Botswana tidak memiliki pesisir di laut, maupun danau.

Pada akhir abad ke-19 di wilayah negara ini sempat terjadi pertikaian antara penduduk Tswana dari Botswana dengan suku Ndebele yang pindah ke Botswana dari Gurun Kalahari, dan juga dipicu oleh pemukim Boer dari Transvaal. Sektor ekonomi negara Botswana sebagian besar mengandalkan pertambangan intan, juga logam seperti tembaga dan mineral seperti garam.

Wisata
Taman Nasional Chobe, Taman Nasional Nxai Pan, dan Pulau Kubu merupakan sebagian lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi dinegara Botswana.