Belarus (Republik Belarus) || Ibu kota: Minsk

Belarus atau Republik Belarus atau Belarusia adalah sebuah negara di Eropa Timur yang memiliki banyak bidang berawa besar. Danau dan sungai membentuk negara pedalaman yang relatif datar ini. Polesia merupakan daerah rawa paling besar yang merupakan salah satu rawa terbesar di Eropa.

Belarus (Republik Belarus) || Ibu kota: Minsk
Bendera Negara Belarus

Profil Negara Belarus
Profil Negara Belarus
Lambang Negara Belarus

Nama resmiRepublik Belarus, Рэспубліка Беларусь, Respublika Biełaruś (Belarus), Республика Беларусь, Respublika Belarus (Rusia)
Ibu KotaMinsk
Bahasa resmiBelarus dan Rusia
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenAlexander Lukashenko
Perdana MenteriAndrei Kobyakov
Mata uangRubel Belarus (Br) (BYR)
Internet.by dan .бел
Kode telepon+375

Pembentukan
Kemerdekaandari Uni Soviet
Diumumkan27 Juli 1990
Didirikan25 Agustus 1991

Latar belang
Negara Belarus memiliki populasi sekitar 9,491,800 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 207,595 km2. Negara yang memiliki sekitar 11.000 danau ini wilayahnya dikelilingi atau memiliki perbatasan dengan Latvia di utara, Lituania di barat laut, Polandia di barat, Rusia di utara dan timur, dan Ukraina di selatan.

Sekitar abad ke-6 hingga ke-8 wilayah negara Belarus dihuni oleh bangsa Slavia. Negara yang sempat di kuasai oleh Nazi jerman ini lama menjadi bagian dari Uni Soviet.

Wisata
Nesvizh Castle, Braslav Lakes, dan taman nasional Pripyatsky merupakan sebagian dari objek wisata unggulan negara Belarus.