Bolivia (Negara Plurinasional Bolivia) || Ibu kota: La Paz, Sucre

Bolivia atau resminya Negara Plurinasional Bolivia adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Amerika Selatan yang dikenal sebagai salah satu negara penghasil koka dan timah terbesar di dunia. Negara Bolivia didirikan dengan nama República Bolívar yang dimaksudkan untuk menghormati sang pendiri negara tersebut, yaitu Simón Bolívar.

Bolivia (Negara Plurinasional Bolivia) || Ibu kota: La Paz, Sucre
Bendera Negara Bolivia

Profil Negara Bolivia
Profil Negara Bolivia
Lambang Negara Bolivia

Nama resmiNegara Plurinasional Bolivia, Estado Plurinacional de Bolivia (Spanyol), Buliwya Achka Nasyun Mama Llaqta (Quechua), Wuliwya Suyu (Aymara), Tetã Blúrinasionál Volívia (Guaraní)
Ibu KotaSucre
Bahasa resmiSpanyol, Quechua, Aymara, dan Guaraní
Bentuk PemerintahanMonarki semi-konstitusional
PresidenEvo Morales
Wakil PresidenÁlvaro García Linera
Mata uangBoliviano (Bs.) (BOB)
Internet.bo
Kode telepon+591

Pembentukan
Kemerdekaandari Spanyol
Diumumkan6 Agustus 1825
Diakui21 Juli 1847

Latar belang
Negara Bolivia memiliki populasi sekitar 11,217,864 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 1,098,581 km2. Negara Bolivia merupakan negara pedalaman atau hanya memiliki perbatasan dengan daratan negara lain atau tidak memiliki laut. Di utara dan timur Bolivia berbatasan dengan Brasil, diselatan dengan Paraguay dan Argentina, dan dibarat berbatasan dengan negara Chili dan Peru.

Negara bekas jajahan Spanyol ini merupakan salah satu anggota Komunitas Negara Andes (Comunidad Andina de Naciones), yaitu organisasi regional yang bergerak di bidang ekonomi dan politik yang dibentuk pada 26 Mei 1969 bersama dengan Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela, yang bermarkas di Lima, Perú.

Wisata
Tiahuanaco, Salar de Uyuni, dan Danau Colorada merupakan lokasi wisata yang menjadi andalan negara Bolivia.