Afganistan (Republik Islam Afghanistan Persia) || Ibu kota: Kabul

Afganistan atau Republik Islam Afganistan adalah negara yang terletak diantara wilayah Asia Selatan dan Asia Tengah. Oleh sebab itu negara terbesar ke-41 di dunia ini menjadi lokasi strategis jalur penghubung budaya Timur Tengah dan Asia bagian lainnya.

Afganistan (Republik Islam Afghanistan Persia) || Ibu kota: Kabul
Bendera Negara Afganistan

Profil Negara Afganistan
Lambang Negara Afganistan

Nama resmiRepublik Islam Afganistan, د افغانستان اسلامي جمهوریت‎, Da Afġānistān Islāmī Jumhoryat (Pashtun), جمهوری اسلامی افغانستان‎, Jomhūrī-ye Eslāmī-ye Afġānestān (Dari)
Ibu KotaKabul
Bahasa resmiPashtun dan Dari
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenAshraf Ghani
Kepala Badan EksekutifAbdullah Abdullah
Mata uangAfgani (؋) (AFN)
Internet.af
Kode telepon+93

Pembentukan / Kemerdekaan
Dari Dinasti SafawiApril 1709
Kekaisaran DurraniOktober 1747
Dari Britania Raya19 Agustus 1919

Latar belang
Negara Afganistan memiliki populasi sekitar 34,656,032 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 652,864 km2 negara ini berbatasan dengan negara Pakistan di wilayah selatan dan timur, dengan Iran di barat, sedangkan di utara negara Afganistan berbatasan dengan Turkmenistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Tiongkok jauh di sebelah timur laut.

Manusia sudah tinggal di Afganistan sejak Zaman Batu Tua (Paleolitik) Tengah. Di karenakan Afganistan terletak di persimpangan Asia, oleh sebab itu tidak ada klasifikasi yang jelas namun banyak yang menganggap bahwa negara yang telah dihuni manusia sejak Zaman Batu Tua (Paleolitik) Tengah ini masuk kedalam bagian wilayah Asia selatan.

Wisata
Patung Buddha Bamiyan yang dibangun pada tahun 544, Mesjid Shrine of Ali yang dibuka pada tahun 1481, Darul Aman Palace dan banyak bangunan bersejarah lainnya yang banyak di kunjungi wisatawan di negara Afganistan.