Fiji (Republik Kepulauan Fiji) || Ibu kota: Suva

Fiji atau Republik Kepulauan Fiji adalah sebuah negara kepulauan dengan memiliki 106 berpenghuni dan 734 tidak berpenghuni yang terletak di kawasan selatan Samudra Pasifik. Perekonomian negara yang 82% penduduknya menghuni 2 pulau terbesar, yaitu Viti Levu dan Vanua Levu ini mengandalkan sumber daya alam seperti kayu, emas, tembaga, ikan, minyak lepas pantai, dan tenaga air.

Fiji (Republik Kepulauan Fiji) || Ibu kota: Suva
Bendera Negara Fiji

Profil Negara Fiji
Profil Negara Fiji
Lambang Negara Fiji

Nama resmiRepublik Fiji, Republic of Fiji (Inggris), Matanitu Tugalala o Viti (Fiji), Ripablik ăph Phījī (Hindi Fiji)
Ibu KotaSuva
Bahasa resmiInggris, Fiji, dan Hindi Fiji
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenGeorge Konrote
Perdana MenteriFrank Bainimarama
Mata uangDolar Fiji (FJ$) (FJD)
Internet.fj
Kode telepon+679

Pembentukan / Kemerdekaan
Dari Britania Raya10 Oktober 1970
Republik7 Oktober 1987

Latar belang
Negara Fiji memiliki populasi sekitar 898,760 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 18,274 km2. Selain sumber daya alam ini negara yang berada di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu ini bergantung pada sektor pariwisata dalam perekonomiannya.

Negara Fiji telah dihuni oleh orang-orang dari Asia Tenggara jauh sebelum bangsa Eropa menemukannya. Penjelajah asal Belanda yang bernama Abel Tasman menjadi orang Eropa pertama yang menemukan wilayah negara ini pada tahun 1643 dan pada sekitar abad ke-19 orang-orang Eropa berdatangan untuk menetap secara permanen disana. Pada tahun 1874 kepulauan ini menjadi bagian koloni Britania Raya, sebelum akhirnya dimerdekakan pada tahun 1970.

Wisata
Selain 2 pulau utama Viti Levu dan Vanua Levu, kepulauan Yasawa menjadi tempat-tempat wisata yang paling banyak dikunjungi dinegara Kepulauan Fiji.