Kepulauan Solomon || Ibu kota: Honiara

Kepulauan Solomon atau Kepulauan Salomo adalah sebuah negara kepulauan di kawasan selatan Samudra Pasifik bagian yang terdiri dari 992 pulau membentuk wilayah seluas 28.450 km².

Kepulauan Solomon || Ibu kota: Honiara
Bendera Negara Kepulauan Solomon

Profil Negara Kepulauan Solomon
Profil Negara Kepulauan Solomon
Lambang Negara Kepulauan Solomon

Nama resmiKepulauan Solomon, Solomon Islands (Inggris)
Ibu KotaHoniara
Bahasa resmiInggris
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
RatuElizabeth II
Perdana MenteriRick Houenipwela
Mata uangDolar Kepulauan Solomon (SI$) (SBD)
Internet.sb
Kode telepon+677

Pembentukan / Kemerdekaan
Dari Britania Raya7 Juli 1978

Latar belang
Negara Kepulauan Solomon memiliki populasi sekitar 599,419 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 28,400 km2. Negara yang bertetangga dengan Negara Papua Nugini disebelah barat ini memiliki sejumlah pulau seperti Santa Isabel, Guadalcanal, Malaita, Makira dan Sikaiana. Jarak antara pulau paling barat dan paling timur sekitar ±1.500 km.

Penjelajah Spanyol Álvaro de Mendaña de Neira pertama kali mencatat tentang pulau Santa Isabel pada 7 Februari 1568. Karena adanya tanda-tanda emas yang menjadi sumber kekayaan Raja Salomo, Penjelajah Spanyol Álvaro de Mendaña de Neira berlayar menuju kawasan negara ini pada 7 Februari 1568 dan menamai pulau itu "Pulau Salomo". Setelah itu penjelajah dari Belanda, Perancis, dan Inggris berturut-turut mengunjungi pulau-pulau di kawasan negara tersebut. Pada 1886 Britania Raya dan Jerman berbagi atas kekuasaan di kepulauan Solomon. Namun tentara Australia sempat mengambil alih bagian yang dikuasai oleh Jerman, kemudian Jepang menguasai wilayah ini antara tahun 1942 dan 1943, sebelum pihak Sekutu merebutnya.

Wisata
Pulau Uepi, Tulagi, dan Kennedy Island merupakan tempat-tempat yang sering dikunjungi turis mancanegara di negara Kepulauan Solomon.