Kolombia (Republik Kolombia) || Ibu kota: Bogota

Kolombia atau Republik Kolombia adalah sebuah negara di barat laut Amerika Selatan yang sekitar 72% wilayahnya merupakan kawasan hutan. Negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa ini merupakan negara penghasil kopi terbesar ke-2 di dunia setelah Brasil. Selain kopi Kolombia juga tercatat sebagai penghasil zamrud, sekitar 95% konsumsi zamrud dunia berasal dari Kolombia.

Kolombia (Republik Kolombia) || Ibu kota: Bogota
Bendera Negara Kolombia

Profil Negara Kolombia
Profil Negara Kolombia
Lambang Negara Kolombia

Nama resmiRepublik Kolombia, República de Colombia (Spanyol)
Ibu KotaBogotá
Bahasa nasionalSpanyol
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenJuan Manuel Santos
Wakil PresidenÓscar Naranjo
Mata uangPeso Kolombia (COL$) (COP)
Internet.co
Kode telepon+57

Pembentukan
Kemerdekaandari Spanyol
Diumumkan20 Juli 1810
Diakui7 Agustus 1819

Latar belang
Negara Kolombia memiliki populasi sekitar 49,755,971 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 1,141,748 km2 dan berbatasan dengan Laut Karibia di sebelah utara dan barat laut, sedangkan di timur berbatasan dengan Venezuela dan Brasil, di selatan dengan Peru dan Ekuador di selatan, dan Panama juga Samudra Pasifik di sebelah barat. Kata Kolombia berasal dari Christopher Columbus. Berawal dari 10,000 sm, sekelompok pemburu menempati wilayah yang saat ini menjadi ibu kota, yaitu Bogotá yang berhubungan dengan kelompok yang menempati lembah Sungai Magdalena.

Kolombia sempat mengalami konflik dengan pemberontak gerilya dari mantan militer. Perdagangan narkoba dan korupsi di sejumlah kota-kota kecil menjadi bagian dari Konlfik yang terjadi pada sekitar tahun 1964-1966, ketika Pasukan Militer Revolusioner Kolombia (FARC) dan Pasukan Liberal Nasional (ELN) didirikan.

Wisata
El Peñón de Guatapé, Gold Museum di Bogotá, Pulau San Andrés dan Taman Nasional Tayrona menjadi lokasi wisata favorit di negara Kolombia.