Panama (Republik Panama) || Ibu kota: Panama City

Panama atau Republik Panama adalah sebuah negara yang terletak di tenggara Amerika Tengah yang berstatus sebagai negara transit sebagai awal menjadi titik pertemuan budaya dari seluruh dunia, dan dirancang sebagai fasilitas komunikasi antara pantai Samudera Atlantik dan Pasifik dalam perdagangan global.

Panama (Republik Panama) || Ibu kota: Panama City
Bendera Negara Panama

Profil Negara Panama
Profil Negara Panama
Lambang Negara Panama

Nama resmiRepublik Panama, República de Panamá (Spanyol)
Ibu KotaKota Panama
Bahasa nasionalSpanyol
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenJuan Carlos Varela
Wakil PresidenIsabel Saint Malo
Mata uangBalboa (B/.) (PAB)
Internet.pa
Kode telepon+507

Pembentukan / Kemerdekaan
Dari Spanyol28 November 1821
Dari Kolombia3 November 1903

Latar belang
Negara Panama memiliki populasi sekitar 4,034,119 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 75,417 km2 yang terletak diantara 2 negara yaitu Kolombia di timur dan Kostarika di barat, disisi lain (perbatasan) negara yang memanfaatkan sektor perbankan, perdagangan, dan pariwisata dalam ekonominya ini berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudra Pasifik Utara.

Sebelum bergabung dengan Gran Colombia Simón Bolívar, negara Panama merupakan bagian dari koloni Spanyol hingga tahun 1821. Budaya, adat, dan bahasa orang Panama terpengaruh oleh Spanyol. Sedangkan mayoritas etnis penduduknya adalah mestizo atau campuran Spanyol, Tionghoa, Indian, dan Hindia Barat.

Wisata
Ibu kota Panama city menjadi unggulan pariwisata, terutama wisata alam selain bangunan-bangunan bersejarah seperti Casco Viejo, Panama La Vieja, dan lainnya.