Swiss (Konfederasi Swiss) || Ibu kota: Bern

Swiss atau Konfederasi Swiss adalah negara federal yang terdiri dari 26 kanton di Eropa Tengah yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss juga dikenal sebagai negara netral.

Swiss (Konfederasi Swiss) || Ibu kota: Bern
Bendera Negara Swiss

Profil Negara Swiss
Profil Negara Swiss
Lambang Negara Swiss

Nama resmiKonfederasi Swiss, Schweizerische Eidgenossenschaft (Jerman), Confédération suisse (Perancis), Confederazione Svizzera (Italia), Confederaziun svizra (Romansh), Confoederatio Helvetica (Latin)
Ibu KotaBern
Bahasa nasionalJerman, Perancis, Italia, Romansh, dan Latin
Bentuk PemerintahanRepublik direktorial
Presiden Dewan FederalAlain Berset
Kanselir FederalWalter Thurnherr
Mata uangFranc Swiss (SFr) (CHF)
Internet.ch
Kode telepon+41

Pembentukan
Tanggal pembentukan1 Agustus 1291
Perjanjian Basel (1499)22 September 1499
Perdamaian Westfalen24 Oktober 1648
Pemulihan7 Agustus 1815
Negara Federal12 September 1848

Latar belang
Negara Swiss memiliki populasi sekitar 8,401,120 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 1,972,550 km2 dan wilayah negara Swiss berbatasan dengan negara Jerman, Italia, Perancis, Liechtenstein, serta Austria.

Suku pertama yang diketahui sebagai penghuni negara Swiss adalah anggota budaya Hallstatt dan La Tène. Sejak tahun 1815, negara yang kaya akan sejarah ini tidak pernah terlibat perang atau pun konflik lainnya dan menjadi sebuah negara damai dan netral. Maka dari itu negara Swiss banyak dijadikan sebagai tuan rumah berbagai organisasi internasional seperti PBB yang banyak mendirikan kantor di Swiss.

Wisata
Danau Jenewa, The Chillon Castle, Schilthorn and Piz Gloria dan Gunung salju Matterhorn merupakan sebagian kecil lokasi wisata yang menjadi favorit para turis, tentunya selain kota terbesar di negara Swiss yaitu kota Zurich.