Meksiko (Meksiko Serikat) || Ibu kota: Mexico City

Meksiko atau Persatuan Negara-Negara Meksiko adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Utara dan merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin. Nama negara ini diambil dari nama ibu kotanya yang berasal dari nama ibu kota kuno Aztec yaitu Mexico-Tenochtitlan. Mexi berasal dari kata Mexitli, yaitu nama dewa perang dan co bermakna tempat sedangkan ca memiliki arti orang.

Meksiko (Meksiko Serikat) || Ibu kota: Mexico City
Bendera Negara Meksiko

Profil Negara Meksiko
Profil Negara Meksiko
Lambang Negara Meksiko

Nama resmiPerserikatan Negara Meksiko, Estados Unidos Mexicanos (Spanyol)
Ibu KotaKota Meksiko
Bahasa nasionalSpanyol
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenEnrique Peña Nieto
Wakil Presiden-
Mata uangPeso Meksiko (Mex$) (MXN)
Internet.mx
Kode telepon+52

Pembentukan
Kemerdekaandari Spanyol
Diumumkan16 September 1810
Disempurnakan27 September 1821
Diakui28 Desember 1836

Latar belang
Negara Meksiko berpopulasi sekitar 123,675,325 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 1,972,550 km2 dan berbatasan dengan Amerika Serikat, Guatemala dan Belize di tenggara, Samudra Pasifik di barat dan Teluk Meksiko dan Laut Karibia di sebelah timur.

Sekitar 3.000 tahun lamanya wilayah negara Meksiko menjadi tempat beberapa peradaban maju seperti peradaban Amerindian, Maya dan Aztec. Pada abad ke 16 penjajah Spanyol di bawah pimpinan bijak Hernan Cortes menjadi awal mulanya era pengkolonian Meksiko sebagai Spanyol Baru. Pada tahun 1521 Spanyol berhasil menundukan kaum Aztec.

Wisata
Selain Ibu kota Meksiko, Piramid Teochihuacan, Chichen Itza dan banyak lokasi wisata lainnya yang selalu banyak dikunjungi wisatawan.